Friday, April 11, 2014

Cara memilih kamera cctv yang berkualitas

Cara memilih kamera cctv yang berkualitas


Tips dan Trik memilih kamera cctv

memilih kamera cctv ? jangan bingung dan jangan ragu,,

Berikut beberapa Tips dan Trik memilih kamera cctv

1. Sesuaikan kebutuhan camera dengan dana/budget yg tersedia.

untuk memilih kamera cctv ,Jika dana minim, ada dapat memilih kamera cctv yang memiliki resolusi rendah atau ber TVL lebih rendah, namun jika dana yg disediakan cukup besar, anda dapat memilih kamera cctv berresolusi tinggi atau ber TVL tinggi atau anda dapat memilih kamera cctv yang ber merek atau branded. Contoh cctv kamera bermerek antaralain :
Berikut beberapa standar kualitas atau resolusi gambar cctv, sekedar utk perbandingan dan sharing  saja yang tentu saja tujuannya untuk memberikan tips dan trik memilih kamera cctv:
  • 1/4″ CMOS/CCD Standard Image Quality – 380-420 TVL
  • 1/3″ CMOS/CCD – High Image Quality – 480-520 TVL
  • 1/3″ CMOS/CCD – Very High Image Quality – 540-600 TVL
  • 1/3″ CMOS/CCD – Ultra High Image Quality – 650-700 TVL
  • dan sekarang sudah sampai ke 800 TVL – super High resolusi 960H kamera CCTV
Semakin besar TVL berarti semakin bagus dan tajam gambar yg dihasilkan dari camera tersebut. Kualitas dan resolusi gambar pada camera cctv  jauh lebih unggul dan bagus dibandingkan dengan resolusi pada alat rekam/DVR, dan nantinya hasil rekam kamera cctv akan mengikuti kualitas atau resolusi dari alat rekam atau DVR tersebut, terkadang, beberapa camera cctv bahkan tidak mencantumkan besar TVL pada manualnya, dan hanya tercantum TVL Standard saja.
Hasil resolusi gambar atau video dari cctv camera 1/4″ CMOS/CCD lebih rendah dibandingkan dgn 1/3″ CMOS/CCD, karena 1/3″ CMOS/CCD memilki bidang yg lebih besar dari 1/4″ CMOS/CCD, sehingga menghasilkan gambar yg lebih bagus dan tajam, namun tentunya harga kamera cctv 1/4″ CMOS/CCD  menjadi lebih mahal, dan ini merupakan salah satu yangg menjadikannya lebih penting dibanding sekedar TVL saja, karena jika chipset camera CMOS/CCD yg dipakai adalah 1/3″ CMOS/CCD, dapat dipastikan camera tersebut ber TVL lebih tinggi.
Seiring dengan waktu, semakin sulit untuk membedakan atau membandingkan camera cctv “bagus mana antara tipe ini, itu atau merek ini dan itu”, dikarenakan perkembangan kedua chipset CMOS dan CCD yg semakin berkembang dan bersaing ketat dalam kualitas gambar video yang dihasilkan, beberapa vendor bahkan tidak lagi mencantumkan besaran TVL dan hanya memberi keterangan High Resolution camera atau Super High Resolution camera saja, belum lagi telah hadirnya chipset CMOS yg melampaui kualitas CCD, terlebih lagi beberapa merek atau brand chipset yg tersedia dipasaran, kembali sesuaikan dengan budget yg disediakan saja. memilih kamera cctv yang benar

2. Pastikan pemakaian kamera CCTV untuk diluar ruang atau outdoor dan pemakaian untuk didalam ruang atau indoor.

Perlu di perhatikan juga untuk memilih kamera cctv yaitu peletakan dan fungsi kamera cctv tersebut, untuk outdoor kah atau untuk dalam ruangan ,
Outdoor camera CCTV – Jika pemakaian untuk diluar ruangan atau outdoor, pilih camera CCTV yangg khusus untuk penggunaan outdoor juga. Bedanya dari camera indoor adalah camera outdoor lebih mampu mereduksi cahaya matahari dan jumlah LED infrared yg dipakai umumnya lebih banyak dibanding yg bertype indoor camera. Semua camera outdoor yg tersedia sudah weatherproof (IP66 / IP67) dan dilengkapi Pelindung utk menahan sinar matahari maupun air hujan atau biasa disebut topi camera, dan tidak perlu membeli housing lagi.
Indoor camera CCTV- Jika pemakaian untuk indoor saja, pilihannya menjadi semakin banyak, sebagian besar camera yg tersedia digunakan untuk indoor atau dalam ruangan. Sesuaikan dengan bentuk fisik camera cctv yang diinginkan dan penempatannya, entah itu di plafon, tembok atau dinding, disembunyikan atau tersamar dgnproduk lain misalnya: smoke detector camera, hidden camera dan lain-lain.
Indoor camera juga ada yg dilengkapi infrared yg berguna utk memantau pada kegelapan, namun jika ruang atau area yg dipantau cukup terang setiap saat, cukup memilih yg non infra saja. tapi untuk perkembangan saat ini, semua kamera outdoor sudah menggunakan infrared, dan sudah memiliki teknologi ICR(IR CUT Filter) yang artinya jika gelap sama sekali tidak ada cahaya atau hanya ada sedikit cahaya lampu, camera yang memilki teknologi ICR akan otomatis merubah warna gambar video yang dihasilkan menjadi hitam putih terang, di tandai dengan bunyi “klek”
Dome camera khusus dipasang pada plafon atau langit-langit dan tidak bisa digabungkan dengan rotator, dikarenakan tidak tersedia dudukan untuk rotator CCTV, jika ingin ber-type Dome dan dapat berputar pilih Pan Tilt Dome Camera CCTV saja, sedangkan diluar type Dome bebas saja penempatannya, dapat dipasang pada plafon maupun tembok/dinding dan juga bisa dipasangi rotator.
BOX camera mempunyai kelebihan pada lensa yg dapat diganti dan disesuaikan dgn kebutuhan, tersedia beberapa pilihan ukuran lensa yg dijual secara terpisah. Semakin kecil ukurannya semakin lebar view anglenya, dan semakin besar ukuran milimeternya semakin sempit view anglenya namun lebih zoom, atau agar praktis dapat memeilih Lensa Varifocal yg tersedia.
Camera berdimensi kecil unggul jika pada penempatannya ingin disembunyikan, namun camera berdimensi besar juga mempunyai keunggulan tersendiri yaitu camera dapat terlihat dgn jelas, sehingga sering kali hal ini merupakan momok yg cukup menakutkan para pelaku tindak kejahatan, karena area tersebut jelas-jelas terlihat dan diawasi dengan cctv camera.

3. Garansi produk camera yang diberikan

Lihat juga garansi prduk camera cctv tersebut, kebanyakan dari vendor cctv atau distributor cctv memberikan garansi produk mereka hanya 1 tahun sampai 2 tahun saja, jika ada penjual yang memberikan garansi lebih dari 2 tahun, perlu anda pertanyakan kualitasnya, benarkah sampai 5 tahun mereka akan mengganti produk jika rusak, diservice atau di ganti baru.
rata-rata semua produk elektronik , garansi tidak diberikan jika tersambar petir atau lonjakan arus listrik, atau chipset camera tersebut terbakar.
dalam hal ini menjadi sangat penting dalam memilih kamera cctv yang baik, karena berhubungan denga after sales atau service yang diberikan toko kepada pembeli

4. Toko penjual camera cctv

Pastikan juga tempat atau lokasi toko penjual cctv tersebut, pastikan toko cctv tersebut memberikan demo online atau memperlihatkan kualitas produk cctv mereka, lokasi atau tempat penjual yang pasti ada, klo memilih beli di toko online pastikan alamat si penjual atau toko cctv
“Setiap camera mempunyai karakteristik, TVL, Resolusi, Merek, kekurangan dan kelebihannya masing-masing, silahkan dilihat pada keterangan yg diberikan disetiap masing-masing camera cctv tersebut”
Demikian beberapa tips dan trik memilih kamera cctv yang berkualitas, mungkin bisa menjadi bahan pertimbangan buat anda semua, dan satu lagi, sanjayanet menjamin barang dan produk yang di jual, kalau barang atau produk tersebut tidak bagus, kami akan bilang bahwa produk tersebut tidak bagus, tetapi barang atau produk tersebut bagus dan berkualitas, kami juga akan bilang kalau produk tersebut recomended dari kami
Sumber Artikel : http://sanjayanet.com/tips-dan-trik-memilih-kamera-cctv/


EmoticonEmoticon