Friday, February 24, 2017

Makanan Dan Minuman Khas Pati Yang Sangat Lezat dan Nikmat

Makanan Dan Minuman Khas

Di Indonesia terdapat banyak Makanan dan minuman khas yang bisa menjadi identitas suatu daerah.Hampir setiap daerah mempunyai makanan dan minuman khas tersendiri untuk memeperkenalkan daerahnya.wow gak kebayang kan kalau seluruh makanan dan minuman khas Indonesia dikumpulin, makanan dan minuman khas dari sabang sampai merauke dikumpulin?wow pastinya amazing banget.. meskipun bentuk, cara masaknya dan rasanya berbeda tapi akan tetap lezat banget karena masakan indonesia memasaknya pasti dicampur dengan rempah-rempah yang bikin makanan ehm..sedapnya....
Biasanya masakan atau minuman khas itu berasal dari sejarah daerah itu. Indonesia itu  unik ya.. kaya akan adat istiadat, sejarah, makanan dan minuman khas. (baca juga : Paket CCTV Murah HD di Pati Jawa Tengah)
Makanan Dan Minuman Khas Pati Yang Sangat Lezat dan Nikmat


Makanan Khas Pati Yang Lezat

Berbicara tentang makanan dan minuman khas nih, pasti gak ada habisnya, Banyak banget dan bentuk dan rasanya juga sangat Unik. Coba saja kita lihat contoh makanan khas yang dimiliki Kabupaten pati, ehm.. bikin ngiler deh..
  • Nasi Gandul. Nasi gandul adalah salah satu makanan khas dari kabupaten Pati. Nasi gandul agak mirip sama nasi pindang makanan khas dari kabupaten Kudus cuma bedanya nasi gandul tidak memakai daun mlinjo.Dan penyajian beserta perlengkapan Nasi gandul pun berbeda dengan Nasi Pindang. Nasi gandul kalau dilihat secara kasat mata agak mirip juga sama perpaduan soto dan gule yang berupa daging mempunyai kuah yang berwarna kecoklatan dan rasanya pun gurih-gurih manis. Penyajian Nasi Gandul wajib memakai daun pisang sebagai alas dipiringnya.
  • Soto Kemiri. Soto kemiri adalah makanan khas dari kabupaten pati juga. Dan Soto kemiri ini sudah dikenal diberbagai daerah bukan dari kabupaten pati sendiri, Rasa dan kelezatannya menjadikan makanan ini sangat disukai oleh banyak orang. Soto ini berbeda dengan soto-soto yang lain karena ukuran penyajiannya porsinya kecil biar pelanggannya nambah lagi inilah salah satu permainan dari penjual kecuali itu rasanya memang sangat lezat bikin ingin nambah terus.Dan Soto ini bumbunya lebih ringan dibandingkan dengan soto-soto yang lain.
  • Bandeng Presto Juwana. Bandeng presto adalah makanan yang terbuat dari ikan Bandeng yang duri-durinya sudah dilunakkan. Jadi tak perlu kawatir sama duri-duri ikan bandengnya ya karena bandeng presto ini mudah dan nikmat dimakan.
  • Petis Kambing Runting. Petis kambing runting adalah makanan yang dibuat dari daging kambing, masakannya hampir sama dengan gulai cuma petis kambing runting ini ada campuran tepung berasnya. Dan kenapa bisa dikatakan petis kambing runting? ternyata diambil dari daerah pembuatnya yaitu Desa Runting, Pati, Jawa Tengah. Makanan ini sangat diminati banyak orang karena rasanya yang segar, nikmat dan mempunyai harga terjangkau sehingga dapat di beli oleh semua kalangan.
  • Kotokan Gereh Tongkol. Makanan ini juga banyak diminati para pelanggan, makanan ini dibuat dari ikan tongkol yang telah di asinkan dan selanjutnya dimasak dengan santan. ehm... lezat banget.. 
  • Sego Tewel. Sego tewel ini sangat banyak di jumpai di desa tambakromo,Pati. makanan ini terbuat dari nangka muda (tewel) dimasak dengan santan yang dicampur dengan nasi. Ini nih yang bikin tambah sedap menyantapnya, Sego Tewel ini disajikan pada piring yang telah dilapisi sama daun jati,yang dimana aroma daun jati campur dengan aroma sego tewel membuat pembeli ingin segera memakannya.

Minuman Khas Pati yang Nikmat

Setelah kita membahas macam-macam makanan khas pati yang lezat dan memiliki harga terjangkau, sekarang giliran yang akan kita bahas adalah Minuman khas pati,kaya apa ya minuman khas pati? pasti nikmat deh.. ini dia (Baca Juga : Perbedaan anak Sekolah SMA jaman dulu dan jaman sekarang)
  • Wedang Coro. Minuman ini mempunyai arti minuman yang dihidangkan melalui beberapa cara. Minuman ini hampir sama dengan minuman yang dimiliki Betawi yang bisa disebut Bir Pletok. Minuman ini dibuat dari rempah-rempah sehingga dapat menyegarkan badan. 
  • Kopi Jolong. Kopi jolong adalah kopi yang dihasilkan dari perkebunan daerah jolong kabupaten pati. Kopi jolong ini mempunyai khas yang berbeda dengan kopi lain yang membuat kopi ini memiliki khas khusus adalah kopi ini mirip sayuran dan sedikit tembakau. kopi ini sangat cocok dibuat campuran kopi susu,kopi coklat dan kopi santan.kopi ini sangatlah nikmat.
Nah kawan, benar kan Indonesia itu kaya akan kulinernya, jadi kita sebagai warga Indonesia harusnya bangga dan lebih mencintai dan melestarikan kuliner dari Indonesia bukan malah mencintai makanan luar. Unik, Nikmat, Enak dan lezat loh.. Khususnya di Pati ini, dia mempunyai makanan dan minuman yang sangat istimewa, jangan lupa nyobain kalau kamu lagi jalan-jalan atau melewati kota pati pastinya akan ketagihan karena rasanya, bentuknya dan penyajiannya sangat istimewa. 



EmoticonEmoticon